Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Bekuk 6 Pencuri Spesialis Bengkel

Rabu, 21 Januari 2015 09:18 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap enam pelaku pencurian spare part yang kerap beroperasi di sejumlah bengkel di wilayah Bekasi. Empat pelaku diantaranya dilumpuhkan timah panas karena berusaha melawan.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita sejumlah spare part dan oli. "Mereka (pelaku) menyasar spare part dan segala barang yang ada di bengkel," ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiarto, Selasa (20/1/2015).

Keenam tersangka yang diamankan diantaranya Simon Percy Pangaribuan, 30 tahun, Herwinson Sinaga, 42 tahun, Pantas Tamba, 29 tahun, Harjono Sihotang, 37 tahun, Silver Situmorang, 38 tahun dan Nakkok Tua Simanjuntak, 31 tahun.

Dari enam tersangka itu masing-masing berperan sebagai eksekutor atau pencuri dan ada juga berperan sebagai penadah barang hasil curiannya.

Dan sebelum melakukan aksinya, para tersangka sudah terlebih dulu memetakan lokasi bengkel mana yang akan disasar. Setelah mendapati targetnya, pelaku langsung beroperasi pada malam hari setelah sasaran bengkelnya tutup.

"Mereka masuk ke dalam bengkel dengan cara memotong gembok rolling door menggunakan gunting baja dan linggis," tukasnya.

Setelah mendapati barang hasil curiannya, kemudian dijual ke penadah dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran.

"Penadah selanjutnya menjual barang hasil curian ke konsumen dengan harga pasaran," tandasnya.

Bahkan dari hasil penjualan, para pelaku pernah mendapatkan uang sebesar Rp65 juta dari satu bengkel. Seperti halnya saat beraksi di Bengkel Bintang Motor Cemerlang di Jl KH Fudholi No 5 Kampung Kaum Utara, Karangasih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

"Uang hasil kejahatan dibagi-bagi, rata-rata Rp700 ribu sampai Rp1 juta," tambahnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

0 Response to "Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Bekuk 6 Pencuri Spesialis Bengkel"

Post a Comment